Jaga warga dari Covid-19, Ketua RT di Margorejo ini Imbau Tamu dari Luar Kota Laporan ke RT

Metro – Patut diapresiasi apa yang dilakukan oleh Ketua RT 009, RW 002, Kelurahan Margorejo, Kecamatan Metro Selatan ini. Pasalnya, ketua RT berinisiatif menjaga lingkungannya dari wabah Covid-19 dengan cara mengimbau warga yang kedatangan tamu dari luar kota agar melaporkan ke RT.

Ia adalah, Ferdy Genta Pratama, Ketua RT yang menjabat sejak tiga bulan lalu ini. Meski dirinya terbilang masih muda dan baru pertama kali menjabat sebagai RT, tapi dirinya mengaku ingin selalu belajar dan terus belajar menjadi pamong yang baik.

Genta, sapaan akrabnya mengatakan, saat ini pemerintah menganjurkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis mikro, dimana menurutnya skala mikro adalah berasal dari lingkungan keluarga hingga pamong, RT dan RW.

“Kan sudah ada imbauan pemerintah untuk menerapkan PPKM skala mikro, skala mikro ini menurut saya harus dari lingkungan terkecil yang utama keluarga, kemudian naik ke tingkat RT. Karena kebanyakan adalah klaster keluarga, kalau dari klaster keluarga tidak tertangani, maka perlunya hadirnya RT,” katanya.

Genta juga sudah memasang imbauan dengan banner di beberapa titik di lingkungan RT. Bahwasannya isi imbauan itu adalah agar warga memikiki kesadaran bahwa bila kedatangan tamu dari luar kota agar melaporkan ke ketua RT, agar pencegahan terhadap Covid-19 maksimal.

“Meskipun sudah ada penutupan akses terutama di perbatasan kota, apalagi sudah ada cek poin, tetapi namanya mobilisasi masyarakat kan kadang sulit terkontrol, untuk itu saya berinisiatif membuat imbauan membuat laporan bagi warga yang kedatangan tamu dari luar kota. Tamu di sini bisa siapa saja termasuk keluarga,” katanya.

Genta menerangkan, pencegahan dan penanggulangan juga merupakan tanggung jawab bersama untuk di tingkatan bawah khususnya pamong. “Saya sudah cetak banner dan memasang di beberapa titik nanti juga saya akan buat selebaran saya bagikan ke warga, tentunya atas kesadaran saya sendiri sebagai pamong dan menggunakan dana pribadi, karena menurut saya ini adalah sebuah pengabdian,” tuturnya.

Genta juga mengimbau kepada masyarakat, untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dengan tetap menerapkan 5M sesuai anjuran pemerintah. “5 M itu adalah, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” katanya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *